Memakai Shoulder Rest Atau Tak?

Memakai Shoulder Rest Atau Tak?

tahan biola gunakan shoulder restShoulder rest bakal begitu menolong bila kamu termasuk juga dalam kelompok orang tinggi, kurus atau langsing (seperti aku), pasti mempunyai leher yang panjang. Shoulder rest menolong posisi kepala tetaplah dalam kondisi alami, sedikit menunduk, miring kiri/kanan, dan bahu tak melambung tinggi. Hingga walau tanpa ada pertolongan tangan, biola bisa ditahan dengan baik, serta tak terjatuh.

Untuk beberapa orang, tanpa ada shoulder rest juga tak jadi permasalahan terutama untuk mereka yang mempunyai banyak lemak di bahu serta pipi (dagu) he he he.

Pemain biola dahulu kala juga tak memakai shoulder rest serta chin rest, lantaran memanglah ke-2 alat ini belum diketemukan. Namun sekarang-pun banyak pemain biola yang bermain biola tanpa ada memakai shoulder rest, pastinya ini bukanlah permasalahan untuk mereka.

Poin Dalam Menahan Biola

Biola dipegang (ditahan) oleh rahang bawah (dagu) serta tulang selangka (bahu), dan tetaplah bertumpu (melekat) pada leher, dengan satu catatan utama kalau bahu tetaplah dalam posisi alami, serta kepala tetaplah lurus (tak miring ke kiri atau ke kanan).

Jadi…. senantiasa ingatkan sendiri tentang posisi badan untuk tetaplah tegap, serta sekali lagi, apa pun pilihan kamu – dengan atau tanpa ada memakai shoulder rest, berlatihlah sembari bercermin serta pertahankan bahu dan dagu (kepala), pada posisi yang nyaman dengan posisi badan tetaplah tegap. Ingatlah kalau awal latihan kamu bakal cepat kelelahan, tetapi bila dilatih perlahan-lahan, lama kelamaan bakal punya kebiasaan.

Tinggalkan komentar